7 Aturan Diet Penderita Kolesterol di Usia Muda

Aturan Diet Penderita Kolesterol di Usia Muda

Kini semakin banyak orang yang menderita kolesterol tinggi di usia muda. Padahal kadar kolesterol tinggi bisa berdampak buruk apalagi bagi organ jantung. Pemilik kadar kolesterol tinggi di usia muda harus berhati-hati menjaga pola makan mereka. Berikut adalah 7 aturan diet penderita kolesterol di usia muda.

  1. Hitung Kebutuhan Kalori

Setiap orang memiliki angka kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berat badan dan aktivitas yang mereka lakukan. Jika Anda mengonsumsi makanan melebih jumlah kalori yang dibutuhkan, tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

Ketahui berat badan Anda dan hitung jumlah kalori yang dibutuhkan. Jenis kelamin juga berpengaruh pada kebutuhan kalori. Perhitungan kalori ini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi yang dapat Anda akses lewat smartphone. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya secara pasti.

  1. Perbanyak Serat

Penderita kolesterol sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi serat. Anda bisa mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan setiap hari. Anda juga dianjurkan mengonsumsi jenis serat larut yang biasanya terdapat di kacang-kacangan. Kadar serat ini harus ditingkatkan dan tidak boleh terlewat.

  1. Kurangi Lemak Jenuh

Penting sekali untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan tinggi lemak jelas tidak baik dan akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Apalagi untuk jenis lemak jenuh seperti yang terdapat di daging, gorengan, margarin, keju, dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi Lemak Tidak Jenuh.

Meskipun Anda harus mengurangi lemak, namun konsumsi lemak tidak jenuh juga tetap dibutuhkan. Beberapa contoh sumber lemak tidak jenuh yang bisa dikonsumsi penderita kolesterol adalah minyak sayur, minyak zaitun, bunga matahari, biji-bijian, dan lain sebagainya.

  1. Waspadai Makanan Tinggi Kolesterol

Ada banyak sekali makanan dengan kadar kolesterol tinggi di sekitar kita. Anda harus pandai mengatur hawa nafsu agar tidak kelepasan mengonsumsi makanan yang kolesterolnya tergolong tinggi. Contoh makanan yang kaya kolesterol adalah kuning telur, hati, jeroan, mentega, udang, dan lain sebagainya.

  1. Perbanyak Konsumsi Stanol

Salah satu jenis zat yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol adalah stanol. Stanol ini banyak ditemukan di beberapa jenis makanan seperti pisang, tomat, kacang almond, bayam, dan lain sebagainya.

  1. Hindari Rokok

Penting sekali untuk membiasakan diri hidup sehat demi menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda merokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Menghindari asap rokok bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Ganti kebiasaan merokok dengan makan potongan buah segar atau minum jus buah.

Itulah tadi 7 aturan diet penderita kolesterol di usia muda. Pastikan untuk mengimbangi aturan makan ini dengan berolahraga secara rutin. Memperbanyak aktivitas fisik juga diketahui bisa efektif menurunkan kadar kolesterol. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat jika dibutuhkan.