7 Manfaat Kopi Hijau bagi Tubuh

Manfaat Kopi Hijau bagi Tubuh

Kopi hijau adalah jenis kopi yang bijinya tidak disangrai. Kopi ini memiliki kandungan senyawa klorogenat lebih banyak. Senyawa tersebut diyakini memiliki efek antioksidan yang baik bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kopi hijau untuk tubuh Anda.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Asam klorogenik di dalam kopi hijau dapat memperkuat metabolisme. Dapat meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMC) yang berfungsi menurunkan glukosa berlebih ke darah. Berguna dalam membakar lemak berlebih yang tersimpan. Lemak berlebih dapat menjadi simpanan glukosa yang tinggi.

  1. Menyehatkan Jantung

Masalah jantung yang paling umum disebabkan kolesterol. Penumpukan kolesterol dapat menyempitkan arteri atau aterosklerosis. Meminum kopi hijau dapat mengurangi kolesterol buruk. Asam klorogenat bermanfaat dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Jantung akan lebih sehat karena kolesterol diperangi oleh asam ini dan dipercaya mencegah sel kanker.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Karena biji kopi hijau tidak disangrai, maka mengandung antioksidan besar. Antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang merugikan tubuh. Kopi hijau dapat membantu detoksifikasi secara alami dengan membersihkan hati. Dapat berguna dalam menghilangkan racun dan lemak yang merugikan dari tubuh.

  1. Membatasi Nafsu Makan

Jika Anda sedang dalam program diet, kopi hijau dapat membantu mengurangi rasa lapar. Kopi hijau dapat mengendalikan hasrat untuk makanan yang tidak diinginkan. Kopi ini juga bermanfaat untuk menekan dan mencegah makan berlebih. Asam klorogenat bertindak lebih alami dalam menekan nafsu makan ketimbang obat diet yang mengandung bahan berbahaya.

  1. Mengontrol Gula Darah

Kopi hijau dapat mengatur asupan gula darah yang masuk ke tubuh. Dapat membantu penderita diabetes karena mengurangi gula yang terserap di usus kecil. Kopi ini juga dapat menekan peradangan di dalam tubuh. Kadar gula akan menurun jika Anda meminum kopi hijau sesuai kebutuhan dan dibarengi makanan yang sehat.

Mengonsumsi 3 sampai 4 cangkir setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes sebanyak 30 persen. Zat antioksidan di dalamnya dapat membantu regulasi darah bagi penderita diabetes. Mengonsumsi ekstrak biji sebanyak 140 miligram tiap hari, diyakini menurunkan tekanan diastolik sebesar 3 milimeter air raksa.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan klorogenat juga dipercaya meningkatkan fungsi kulit. Sirkulasi mikro dalam tubuh akan lancar yang dapat mencegah efek penuaan. Dapat mencegah kekeringan pada kulit dan menambah pH pada permukaan. Kopi hijau juga dapat meningkatkan air pada transepidermal sehingga menambah hidrasi kulit.

  1. Menyehatkan Rambut

Antioksidan di dalamnya dapat menyehatkan rambut. Dapat membantu melawan racun yang akan merusak rambut. Diyakini dapat menyembuhkan Androgenetic alopecia atau kebotakan. Ekstrak dari biji kopi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menambah ketebalan dalam waktu singkat.

Itu tadi adalah 7 manfaat dari kopi hijau bagi tubuh Anda. Dari berbagai manfaat kesehatan yang didapat, dapat disimpulkan kopi hijau dapat Anda gunakan sebagai obat herbal. Berbagai manfaat yang didapat tentu berguna bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu. Alangkah baiknya dalam mengonsumsinya dibarengi dengan olahraga yang cukup.