Kebutuhan Vitamin yang Harus Dipenuhi bagi Ibu Hamil

Kebutuhan Vitamin yang Harus Dipenuhi bagi Ibu Hamil

Banyak sekali pilihan produk vitamin yang saat ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu contohnya adalah Blackmores. Anda bisa beli Blackmores ini di apotek atau bisa juga membelinya secara online. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda tahu kebutuhan vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh semasa hamil.

  1. Asam Folat

Penting sekali untuk dicatat bahwa ibu hamil membutuhkan asam folat untuk mencegah terjadinya cacat sistem syaraf bayi. Asam folat tidak hanya harus dikonsumsi setelah memasuki masa kehamilan. Anda bisa mulai mengonsumsi asam folat saat masih merencanakan kehamilan.

Produk vitamin kehamilan pasti memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Umumnya ibu hamil membutuhkan asam folat dengan kadar sebesar 400-800 mikrogram setiap hari.

  1. Zat Besi

Ibu hamil juga sangat membutuhkan zat besi. Zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi akan dapat menyebabkan anemia sehingga ibu hamil mudah merasa lelah dan pusing. Kondisi ini tentu akan berdampak buruk pada janin yang ada di dalam kandungan ibu.

Kekurangan zat besi juga akan memberi dampak langsung pada bayi. Bayi memiliki risiko menderita anemia dan memiliki berat badan rendah saat lahir. Selain itu, ada juga kemungkinan bayi lahir prematur akibat kurangnya asupan zat besi.

  1. Vitamin D

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D kurang lebih 10 miligram dalam satu hari. Asupan vitamin D yang memadai akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kebutuhan janin akan vitamin D juga bisa terpenuhi dengan baik. Janin di dalam kandungan membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain mengonsumsi suplemen kehamilan yang mengandung vitamin D, ibu hamil juga disarankan untuk berjemur setiap pagi. Tak hanya itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga sangat dianjurkan. Sebut saja seperti sarden, telur, dan daging.

  1. Kalsium

Ibu hamil membutuhkan asupan kalsium sebesar 1.000 miligram setiap hari. Kalsium juga dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos selama hamil. Tak hanya itu, kalsium juga dibutuhkan agar si kecil memiliki asupan yang cukup untuk memperlancar proses perkembangan tulang dan gigi.

  1. Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C yang memadai sebagai bentuk upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C memiliki kemampuan melawan radikal bebas dan membuat tubuh tidak mudah sakit. Vitamin C akan membantu ibu dan anak tetap sehat serta terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Itulah tadi beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Semua jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil sudah terangkum dalam produk suplemen kehamilan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu lalu membeli produk yang dianjurkan di apotek maupun toko perlengkapan bayi terdekat.