Langkah-langkah Sederhana Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Langkah-langkah Sederhana Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Penyakit yang paling sering menyerang anak-anak yaitu flu, batuk dan demam. Bahkan ketiga penyakit tersebut sering menyerang secara bersamaan yang pada akhirnya menghambat aktivitas si kecil. Untuk melindungi dan mencegah anak terserang penyakit, daya tahan tubuh anak harus ditingkatkan agar mampu melawan dan menyerang virus dan bakteri penyebab penyakit. Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

  1. Rutin berolahraga

Olahraga rutin memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk orang dewasa namun juga untuk anak-anak salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Ajaklah anak menjalankan olahraga yang sederhana saja seperti jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda sesuai dengan yang disukai si kecil. Lakukan rutin setidaknya 30 menit sehari untuk merasakan efeknya.

  1. Berikan ASI eksklusif

ASI merupakan salah satu makanan utama bayi selama 6 bulan pertama. ASI memiliki segudang manfaat bagi bayi dan juga memberikan efek jangka panjang. Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan bayi yang mengonsumsi susu formula. Hal ini dikarenakan ASI dapat meningkatkan produksi antibodi sehingga dapat mencegah infeksi, diare, meingkatkan kekuatan otak, dan mencegah penyakit lainnya.

Namun tidak semua ibu dapat memberikan ASI secara eksklusif. Jika memang hal tersebut terjadi, ibu dapat berusaha untuk memberikan ASI selama 3 bulan pertama dan dibarengi dengan susu formula dari Nutriclub sesuai dengan usianya untuk memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

  1. Rutin mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga dapat menangkal virus dan bakteri penyebab penyakit. Anak bisa mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun buah dan sayur apa saja memiliki manfaatnya masing-masing sehingga setiap hari boleh mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi agar anak tidak bosan.

  1. Pastikan anak memiliki waktu tidur cukup

Bukan hanya orang dewasa. Anak-anak juga memerlukan waktu tidur yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Bayi baru lahir biasanya membutuhkan waktu tidur 18 jam sehari, 12-13 jam untuk balita, dan 10 jam sehari untuk anak prasekolah. Tidur yang cukup dapat memenuhi kebutuhan energi harian si kecil agar anak tidak mudah lelah dan sakit serta sistem imun tubuh dapat melindungi tubuh dengan optimal.

  1. Rajin cuci tangan

Cuci tangan menjadi hal yang dianggap sepele padahal dapat mempengaruhi daya tahan tubuh anak  dan kesehatan anak. Kotoran dan bakteri seringkali menempel pada barang yang disentuh si kecil termasuk mainannya. Maka dari itu ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain, memegang hewan peliharan, dan lainnya agar tidak ada bakteri dan virus yang menempel di tangan dan tubuh si kecil.