Mengetahui Lebih dalam Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu

Mengetahui Lebih dalam Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu

Ibu hamil, tentunya sedang menunggu calon buah hati segera lahir ke dunia dengan kondisi sehat dan tidak ada kekurangan apapun. Sebelum itu, biasanya para ibu akan penasaran dan ingin lebih mengetahui masalah kondisi Janis terutama tiap perkembangan yang terjadi. Masalah pada perkembangan janin dari minggu ke minggu memang suatu hal yang perlu rutin dipantau dan diperiksa agar seluruh kondisi bayi bisa terlihat.

Kondisi pada ibu saat hamil, memang menjadi jauh lebih rentan dan sensitif terhadap apa pun dalam menjaga kondisi tubuh. Mulai dari fase pembuahan di janin, pastinya perlu terus dipantau dan diketahui berbagai macam perkembangan terkini dari hal tersebut. Penting sekali bagi para ibu agar bisa lebih mengenal masalah apa yang terjadi pada janin dari awal hingga nantinya persalinan.

Proses perkembangan pada janin

Bagi anda para ibu atau orang tua, berikut ini beberapa perkembangan pada janin :

  1. Minggu awal atau pertama

Secara teori atau penglihatan, minggu pertama hingga ketiga akan membentuk suatu kantung embrio dan juga sebuah plasenta. Hal tersebut juga didukung dengan berkembangnya pembuluh darah dan bermacam sel lain diikuti sel darah tubuh. Pada minggu keempat, akan membuat calon bayi dapat memiliki denyut dimana bisa terjadi hingga 65 kali dalam satu menit.

Ukuran awal pada bulan pertama sekitar 0.6 cm dan biasanya bisa terlihat adanya semacam gejala kehamilan yang diinginkan. Biasanya, para calon ibu akan merasa mudah lelah dan siklus menstruasi mulai terhenti. Minggu sekitar keenam, maka calon bayi akan mulai terbentuk anggota tubuh pada wajah. Janin sudah mulai membentuk huruf C dan minggu selanjutnya akan terbentuk kaki serta tangan.

  1. Fase kedua

Setelah nantinya 3 bulan pertama, tingkat keguguran menurun dan kandungan semakin kuat untuk calon buah hati. Bayi semakin tumbuh dan jauh lebih panjang pada bagian ukuran tubuh dan kandungan di dalam. Bagian tengkorak bayi dan tulang semakin kuat dan bagian indra pendengar semakin baik. Untuk fase ini, biasanya bayi sudah bisa di USG dan mulai meningkat pada bagian indera perasa.

Setelah minggu kelima belas pada bagian indera perasa, minggu selanjutnya akan mulai berkembang untuk bagian kelamin pada anak. Saat minggu kesembilan belas, bayi akan semakin sensitif terhadap suara dan mulai bisa mengeluarkan kotoran janin diminggu selanjutnya. Kemudian pada beberapa minggu akhir di bulan keenam, bayi akan memiliki lemak, menghirup dan mengeluarkan cairan plasenta dan berlatih pernapasan.

  1. Fase akhir

Untuk bagian akhir hingga siap kelahiran, maka bayi akan terus berkembang pada bagian organ dalam tubuh. Semakin sensitif setiap bagian dan terus berkembang pada bagian bulu hingga rambut halus pada bayi tersebut. Fase dibagian ini akan semakin memantapkan kondisi bayi dan membuat ibu memiliki tanda dibagian area sensitif untuk menunjukan bahwa akan persalinan.

Oleh karena itu, ada banyak sekali fase dalam membantu perkembangan setiap bagian dari tubuh dan kondisi dari bayi. Tentunya menghadapai beragam fase tersebut, para orang tua perlu rutin periksa agar mengetahui kondisi terkini dari calon anak. Pastinya, dengan begitu akan membuat kondisi calon anak baik bersama dengan calon ibu.