Pahami 4 Aturan Pemberian MPASI 9 Bulan

Pahami 4 Aturan Pemberian MPASI 9 Bulan

Pemberian makanan anak harus Anda perhatikan dengan baik. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi anak pada usia-usia ini akan mempengaruhinya ketika beranjak dewasa nanti. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai aturan pemberian MPASI 9 bulan yang bisa Anda berikan kepada anak. Pasalnya, anak mulai mengenali beragam tekstur, rasa, dan aroma yang berbeda-beda.

1. Perhatikan Perkembangan Keterampilan Makan

Pada umumnya, anak yang sudah memasuki usia 9 bulan atau lebih akan mengalami perkembangan keterampilan makan. Apabila anak mengubah posisinya dari duduk dengan berdiri, biasanya anak lebih cepat untuk mendapatkan dan meminta makanan. Oleh karena itu perhatikan apa yang dimasukkan ke dalam mulutnya.

Pasalnya, anak usia ini semakin terasah keterampilannya dalam menyentuh, menggenggam, bahkan bisa memakan segala sesuatunya yang anak temui. Anda sebagai orangtuanya harus bisa menyediakan menu MPASI ini sewaktu-waktu agar menghindarkan anak memakan yang tidak seharusnya dimakan.

2. Perhatikan Nutrisi

Jika Anda ingin memberikan makanan pendukung ASI, Anda bisa mengolah berbagai macam jenis bahan makanan dengan memperhatikan kandungan nutrisinya. Usahakan juga setiap hari Anda memilihkan menu yang bervariasi agar anak tidak terasa bosan.

Pasalnya, anak usia ini sudah mulai terbiasa dengan tekstur maupun rasa dari makanan yang hendak anak makan. Jangan lupa juga dalam 1 hari usahakan nutrisi yang ada pada MPASI mengandung nutrisi komplit yang dibutuhkan oleh anak.

3. Perhatikan Frekuensi Pemberian MPASI

Semakin berkembangnya tubuh, anak lebih banyak membutuhkan makanan sebagai energi baik untuk proses pertumbuhannya maupun untuk energinya. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus memperhatikan frekuensi pemberian makanan ini. Anda bisa memberikan saat sarapan.

Selain itu, buatkan juga menu khusus untuk kudapan atau camilannya. Pada waktu jam makan siang, persiapkan juga dengan menu lain. Saat sore juga begitu, siapkan snack seperti biskuit atau lainnya. Terakhir bisa berikan menu makan malam yang bisa mengenyangkan sekaligus menyehatkan.

4. Perhatikan Bahan Makanan

Sebelum memberikan makan pendukung ASI ini, Anda harus mengkonsultasikan kepada petugas medis tertentu mengenai asupan gizi anak. Pasalnya ada anak yang tidak cocok atau alergi terhadap beberapa bahan makanan. Padahal di dalam bahan makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk anak.

Oleh karena itu, Anda harus mencari bahan lain sebagai penggantinya namun tidak mengganti kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak tersebut. Begitu juga dengan banyaknya atau komposisi yang diperlukan saat menyajikan menu makanan tersebut.

Demikianlah beberapa informasi mengenai aturan pemberian MPASI 9 bulan yang bisa Anda pertimbangkan dan perhatikan. Ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis kebutuhan anak Anda dengan mengkonsultasikan kepada dokter atau petugas medis tertentu. Dengan begitu, Anda bisa memberikan segala jenis makanan pendukung yang bisa memberikan nutrisi untuk proses pertumbuhannya.