Sebelum Ke Bengkel AC Mobil, Ketahui Jenis Kerusakan AC Mobil

Ketahui Jenis Kerusakan AC Mobil

Ada banyak hal yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Salah satunya yaitu freon habis, atau oli kompresor pada AC mobil tidak mencukupi. Lantas, bagaimana cara membedakan AC tidak dingin akibat terjadinya kerusakan?

Tidak dinginnya AC mobil bukan berarti akibat freonnya habis. Namun, bisa saja akibat terjadinya beberapa hal lain. Di bawah ini merupakan jenis-jenis kerusakan AC mobil yang perlu Anda ketahui:

Kompresor AC Bunyi

Ketika AC mobil dinyalakan, terdengar suara sedikit kasar dari ruang mesin. Namun, saat ac dimatikan, suara di kap mesin menjadi kembali seperti semula. Kondisi tersebut terkadang disebut sebagai kompresor ngorok.

Sara kompresor yang terdengar kasar mungkin disebabkan oleh kurangnya oli kompresor. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat kebocoran, atau kurangnya jumlah freon, bearing puli kompresor kendur, bisa juga karena aus pada piston kompresor dan silinder piston kompresor.

Kompresi Kompresor AC Mobil Lemah

Kompresi kompresor AC mobil yang lemah atau berkurang merupakan salah satu jenis kerusakan AC mobil. Jika terjadi kondisi demikian, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel AC mobil terdekat.

Kondisi ini dapat diketahui saat mobil pertama kali dinyalakan. Hembusan udara dari AC ikut terpengaruh oleh kecepatan mobil. Misalnya ketika mesin berada di rpm rendah, AC mobil akan terasa kurang dingin. Akan tetapi, ketika mobil digas hingga 2000 rpm, hembusan AC akan terasa lebih dingin.

Umumnya, kondisi tersebut terjadi karena dinding piston telah aus. Namun, bisa juga disebabkan silinder kompresor berkurang, atau klep yang ada di atas piston terputus.

Bocor pada Kompresor

Kebocoran pada kompresor merupakan salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada AC mobil. Ciri-ciri kerusakan ini yaitu bodi kompresor tampak basah oleh oli. Bodi kompresor dan bagian lain yang menjadi tempat terjadinya kebocoran juga tampak berdebu.

Magnetic Clutch AC Rusak

Magnetic clutch merupakan salah satu bagian kompresor AC. Umumnya, kerusakan magnetic clutch di kompresor AC diakibatkan oleh gulungan spul yang putus. Namun, di sejumlah jenis mobil seperti Vios dan Toyota Limo, magnetic clutchnya memiliki sensor temperatur yang otomatis menonaktifkan kompresor jika sangat panas.

Normalnya, kompresor akan bekerja kembali setelah suhunya menurun. Jika terjadi kondisi seperti ini, Anda tak perlu melakukan servis kompresor AC mobil, kecuali kompresornya bocor.

Kebocoran Freon

Jika Freon terasa cepat sekali habis meski baru saja diisi, bisa jadi freon AC mobil Anda bocor. Umumnya kondisi tersebut terjadi saat karet-karet jalur freon yang getas sudah tua. Kerusakan dan usia getas karet pada freon AC akan semakin cepat terjadi, terutama jika mobil sering mendapati kemacetan di jalan.

Korslet pada Sekring dan Relay

Meskipun tampak sepele dan sering diabaikan, korslet pada sekring memiliki efek yang cukup besar. Masalah lain yang sering timbul dan menyebabkan kondisi ini yaitu fan ekstra yang mengalami arus pendek. Kerusakan tersebut biasanya lebih banyak disebabkan usia pemakaian.

Biaya Perbaikan AC mobil

Jika terjadi kerusakan, lantas berapa biaya perbaikan dan pengerjaan AC mobil? Umumnya, servis AC mobil terdiri dari dua tipe pengerjaan, yaitu basic service dan arvance service.

Biasanya, basic service hanya memeriksa dan merawat kompresor, seperti ganti oli dan membersihkan kotoran dari kompresor, lalu mengganti Filter Kabin dan Receiver Dryer. Dua komponen tersebut memang tak dapat diperbaiki karena bersifat sekali pakai.

Basic service dilakukan sekitar satu tahun sekali atau ketika jarak tempuh mobil mencapai 10.000 km. Sementara, Advance service baru akan dilakukan apabila mobil telah digunakan selama dua tahun. Maka, ada banyak item yang perlu diservis. Seperti maintenance kompresor, evaporator, dan kondensor.

Akibat banyaknya item yang harus dirawat dan diperhatikan, advance service akan memakan waktu lebih lama dibandingkan basic service, yaitu bisa mencapai empat jam. Namun, lamanya servis juga tergantung pada ringan atau beratnya masalah yang dialami oleh komponen pada AC mobil Anda.

Demikianlah jenis-jenis kerusakan AC mobil yang perlu Anda ketahui sebelum atau ketika Anda membawanya ke bengkel AC mobil untuk mendapatkan perbaikan. Semoga bermanfaat.